Crystal X banner

Rabu, 10 Desember 2014

Tingkatkan Kesuburan Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

Biasanya kesuburan seseorang dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta menerapkan pola hidup yang sehat pula. Sedangkan masalah infertilitas dapat terjadi karena kebiasaan makan yang tidak bagus. Infertilitas ini juga dapat dipengaruhi oleh masalah fisiologis juga gaya hidup yang tidak sehat atau kelainan genetic serta paparan racun dan bahan-bahan kimia yang berbahaya. Banyak mitos yang yang mengatakan bahwa vitamin tertentu dapat menambah tingkat kesuburan. Misalnya banyak mengkonsumsi kecambah karena mengandung vitamin E yang amat bermanfaat untuk kesuburan.
Tapi walaupun vitamin E diperlukan untuk kesuburan namun vitamin tersebut bukanlah satu-satunya yang diperlukan oleh tubuh. Anda perlu mengkombinasikan sejumlah vitamin lain dan mineral untuk menjaga fertilitas dalam tubuh Anda, begitupun sebaliknya dengan banyak mengkonsumsi satu unsur gizi tertentu namun kurang diimbangi dengan unsur gizi lainnya justru akan merugikan fertilitas juga kesehatan tubuh Anda. Dalam kondisi apapun pola makan dengan asupan gizi yang seimbang harus tetap dijaga.
Berikut adalah beberapa nutrisi yang jika dikonsumsi dengan seimbang dapat meningkatkan kesuburan :
1.      Vitamin E
Vitamin E memiliki manfaat yang amat penting bagi sistem reproduksi pria ataupun wanita. Untuk para pria manfaat vitamin E mampu mendukung produksi sel sperma dan juga mencegah kerusakan DNA sperman. Sedangkan untuk Anda para wanita, vitamin E mampu menjaga produksi hormon-hormon baik dan juga endokrin. Studi terbaru menunjukan bahwa keruskan ektensif pada DNA sperma juga dapat memicu infertilitas. Radikal bebas merupakan factor untama penyebab kerusakan tersebut dan disiniliah fungsi vitamin E sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan yang terjadi pada DNA sperma. Asupan nutrisi vitamin E sebanyak 400 UI adalah jumlah asupan yang disarankan dalam setiap harinya. Sumber utama vitamin E ini bisa Anda dapatkan dari berbagai macam sayuran seperti kedelai dan kecambah juga sayuran lain memiliki warna hijau tua.
2.      Vitamin B
Ada dua jenis vitamin B yang bermanfaat untuk menambah kesuburan, satu untuk para wanita dan satu lagi untuk pria. Vitamin B6 mampu membantu para wanita meningkatkan kesuburan sedangkan vitamin B12 dapat meningkatkan dan menambah kualitas sperma para pria. Jenis vitamin B seperti asam folat juga penting untuk proses penyatuan sperma dan sel telur atau biasa disebut dengan konsepsi. Asupan vitamin B12 dan B6 sangat disarankan untuk dikonsumsi sebanyak 1,3 dan 2,4 mikrogram setiap hari. Sumber vitamin B12 ini bisa Anda jumpai dalam susu juga ikan dan hati. Kandungan vitamin B6 bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi telur, daging ayam juga wortel dan beras merah.
3.      Vitamin C
Tidak berbeda dengan kandungan vitamin lain, manfaat dari mengkonsumsi vitamin C juga baik untuk pria dan wanita sebagai media penambah kesuburan. Bagi Anda para wanita vitamin ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan hormonal serta memperkuat sistem imun dan meningkatkan fertilitas hingga membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Sedangkan manfaatnya untuk pria, vitamin C dapat berperan sebagai pencegah terjadinya penggumpalan sperma dan juga meningkatkan mobilitas sperma. Sumber utama dari vitamin c adalah buah-buahan seperti jeruk, jambu serta pepaya, sirsak, manga juga stroberi dan sayuran seperti bayam dan juga cabai. 750 sampai 1000 mg per hari merupakan konsumsi harian vitamin C yang dianjurkan. Walaupunn Anda terlalu banyak mengkonsumsi vitamin ini tidak akan berbahaya untuk kesehatan Anda, karena vitamin C akan larut dalam air sehingga bila dikonsumsi secara berlebihan tubuh akan secara ototmatis membuangnya melalui air seni.
4.      Zinc
Zinc atau bias disebut seng adalah mineral yang memiliki peranan penting untuk meningkatkan kesuburan. Mineral ini terdapat pada 200 lebih protein dan enzim yang amat penting untuk para pria dalam membantu menjaga fungsi organ seksualnya. Jika Anda kekurangan zinc maka akan memicu penurunan hormone testosterone dalam tubuh Anda. Kandungan mineral ini bisa Anda dapatkan pada makanan seperi kerang-kerangan.
5.      Asam Folat
Asam folat juga baik untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan karena mampu mencegah sang bayi dari kelahiran cacat dibagian otak dan tulang belakang, selain itu zat ini juga baik untuk meningkatkan kesuburan. Makanan yang memiliki kandungan asam folat tinggi antaralain sayuran hijau, kacang-kacangan juga pepaya dan sereal.

Untuk meningkatkan kesuburan Anda bisa melakukannya dengan mudah yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti yang sudah disebutkandiatas, selain itu pola hidup sehat juga akan membantu Anda untuk meningkatkan kesuburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar