Crystal X banner

Kamis, 25 Desember 2014

Inilah Gejala dan Penyebab Penyakit Lupusluou

Penyakit Lupus atau yang di dalam dunia kedokteran disebut dengan Systemic Lupus Erythematosus atau SLE merupakan penyakit yang terjadi karena adanya kelainan dalam sistem imun tubuh seseorang. Penderita penyakit ini memiliki sistem kekebalan tubuh yang berlebih. Sistem kekebalan tubuh yang normal akan melindungi tubuh dari serangan berbagai macam virus dan penyakit namun pada penderita penyakit Lupus sistem kekebalan tubuh tersebut malah menyerang organ tubuhnya sendiri sehingga masalah ini sering disebut denngan penyakit auto imun.
Sistem kekebalan tubuh yang berlebihan ini akan menyerang sistem organ tubuh seperti jaringan kulit, otot dan tulang juga sistem kardiovaskuler, paru-paru, ginjal bahkan hati, mata, otak, sistem saraf dan pembuluh darah serta sel-sel darah. Karena menyerang banyak sistem organ tubuh maka penyakit Lupus sangat sulit dideteksi bahkan Lupus memiliki julukan Penyakit Seribu Wajah.
Penyakit Lupus banyak menyerang wanita yang masih masuk dalam usia produktif sampai dengan usia 50 tahun. Para ahli memperkirakan bahwa penyakit ini berhubungan langsung dengan hormon estrogen. Pria juga bisa menderita penyakit ini dengan perbandingan 10 : 1. Karena penderita penyakit ini kebanyakan wanita pada usia produktif maka akan banyak memberi dampak negatif terhadap kehamilan seperti keguguran dan janin yang tidak berkembang dengan atau bahkan kematian pada janin. Kehamilan juga dapat memperburuk keadaan dari penderita Lupus sebab banyak ditemui gejala penyakit Lupus saat mereka mengalami kehamilan ataupun setelah melahirkan.
Gejala dan penyebab dari penyakit Lupus
LGejala-gejala yang sering dijumpai pada para penderita penyakit Lupus abtara lain sebagai berikut :
·         Ruam dengan warna kemerahan pada wajah dan tubuh
Pada tubuh para penderita Lupus biasanya akan timbul ruam kemerahan pada bagian hidung dan pipi yang mirip kupu-kupu yang biasa disebut butterfly rush. Ruam tersebut bisa timbul pada tubuh dan menyerupai cakram juga timbul dan bersisik.
·         Sariawan
Timbul sariawan pada mulut dan juga tenggorokan
·         Nyeri Sendi
Rasa nyeri  pada sendi yang disertai dengan pembengkakan dan penumpukan cairan di dalamnya.
·         Anemia
Sel-sel darah merah yang diserang oleh penyakit Lupus ini akan menyebabkan maslah anemia pada penderita lupus.
·         Kulit peka
Kulit pada penderita penyakit Lupus akan semakin peka terhadap paparan sinar matahari sehingga kulit mudah sekali menjadi gosong dan iritasi.
Selain gejala-ejala di atas masih ada bebepara gejala lainnya seperti, kelainan ginjal, demam dan kelelahan yang berlebihan, serositis atau terdapat cairan dirongga jantung sehingga nyeri saat menarik nafas, kelainan imunologi, kelainan saraf seperti tiba-tiba kejang  tanpa penyebab yang jelas juga panas dan demam berkepanjangan.
Penyebab penyakit Lupus merupakan kombinasi faktor keturunan serta faktor lingkungan dan faktor hormon. Selain itu paparan sinar matahari, penggunaan obat-obatan serta infeksi dan stres juga merupakan sumber pencetus adanya penyakit Lupus namun penyakit Lupus ini tidak menular.

Dengan pengobatan yang  dilakukan secara teratur penyakit Lupus bisa ditanggulangi walaupun penderita penyakit ini harus mengkonsumsi obat seumur hidupnya, juga harus menghindari stres, mengurangi beban kerja dan menjaga agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar