Crystal X banner

Minggu, 07 Desember 2014

7 Cara Alami Meningkatkan Energi

Terkadang  di saat anda membutuhkan energy pikiran Anda langsung menuju ke arah minuman berenergi atau makanan yang memiliki kalori tinggi yang mungkin tidak baik untuk kesehatan. Sebenarnya ada cara yang lebih baik untuk cepat meningkatkan energi namun lebih sehat. Minuman berenergi yang dikemas dengan gula tambahan memang dapat memberikan energi secara instan namun minuman ini efeknya hanya jangka pendek saja dan tinggi kalori.
Ada beberapa cara alami yang mudah dan akan menyehatkan tubuh serta membantu menghasilkan energy baru, diantaranya:
·         Makanan tinggi protein
Jika Ansa menginginkan energi yang bisa bertahan lama disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein. Bisa makan telur dadar saat sarapan atau mengemil kacang dan mengonsumsi yogurt pada sore hari. Protein akan menyuplai pasokan energi yang stabil dan bisa membuat tubuh menjadi berenergi selama beberapa jam. Tubuh akan mengkonversi energi secara perlahan namun konsisten.
·         Minum kopi atau teh
Kafein yang ada pada kopi atau the sering mendapatkan predikat buruk karena bisa menyebabkan kegelisahan bahkan insomnia juga masalah jantung. Tapi selama Anda mengonsumsinya dalam batas normal kafein adalah cara yang baik untuk meningkatkan energi. Daripada Anda memilih mendapatkan asupan kafein dari minuman bersoda lebih baik mengonsumsi teh atau kopi yang sudah terbukti manfaatnya.
·         Air putih
Jika Anda sudah merasa lesu maka ada kesempatan mengalami dehidrasi. Hampir setiap sistem di dalam tubuh kita membutuhkan air agar berfungsi dengan baik sehingga jika tubuh tidak tercukupi oleh cairan maka kondisi ini akan mengganggu sistem tersebut. Minum segelas air putih sudah cukup untuk memberikan energi tambahan untuk beberapa menit.
·         Mendapatkan sinar matahari
Berjemur sejenak di luar rumah sebelum memulai aktivitas juga merupakan cara yang baik. Sinar matahari yang Anda dapatkan meningkatkan energi dengan mendorong tubuh untuk membuat vitamin D juga bahan kimia seperti serotonin.
·         Makan cokelat
Sepotong cokelat kecil yang Anda makan dapat memberikan energi yang cepat dan alami. Di dalam coklat terkandung kafein dan theobromine yang bisa memulihkan energy yang sudah hilang. Beberapa orang tidak menyadari bahwa coklat merupakan makanan yang sehat. Coklat merupakan yang penuh fenol dan antioksidan lain yang menjaga jantung dan otak supaya tetap sehat.
Semakin gelap coklat yang Anda makan maka semakin banyak nutrisi juga kafein dan theobromine. Konsumsilah cokelat yang mengandung sedikit gula dan lemak serta tetap dalam jumlah yang cukupa. Salah satu jenis coklat yang baik untuk dikonsumsi yaitu dark chocolate.
·         Makanan bermagnesium
Makanan yang mengandung magnesium sangat penting terhadap lebih dari reaksi 300 energi yang ada di dalam tubuh. Saat ini masih banyak orang yang kekurangan magnesium di mana hal tersebut dapat menyebabkan kelelahan juga nyeri otot atau kecemasan. Mengonsumsi makanan bermagnesium seperti almond juga sayuran berdaun hijau dan makanan lainnya merupakan cara biak untuk meningkatkan energi.
·         Istirahatkan mental

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa meluangkan waktu untuk memberikan otak dan tubuh beristirahat selama hari kerja akan meningkatkan energi dan membuat seseorang lebih produktif. Anda membutuhkan 10 sampai 20 menit untuk beristirahat. Beberapa pilihan yang bisa anda coba antaralain meditasi, doa serta mendengarkan musik atau menenangkan diri di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian. Beberapa hal tersebut bisa Anda lakukan di pagi hari sebelum bekerja atau beraktivitas dan rasakan efeknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar