Crystal X banner

Selasa, 16 Desember 2014

Mudahnya Menjaga Kesehatan dengan Makan Buah Kesemek

Sudahkan Anda tahu bahwa buah kesemek memiliki banyak kandungan yang akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda? Jika Anda belum mengetahuinya smak penjelasannya berikut ini.
·         Pencegahan Kanker
Di dalam buah kesemek terkandung zat agen anti-kanker yang akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas yang akan menyebabkan kanker. Radikal bebas merupakan produk sampingan dari metabolisme sel yang pada akhirnya dapat bermutasi dari sel-sel sehat menjadi sel kanker atau bahkan dapat menimbulkan kerusakan pada sistem organ. Antioksidan yang ada di dalam buah kesemek bertugas untuk menemukan radikal bebas dan menghilangkannya dari dalam tubuh Anda sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan melindunginya dari berbagai macam penyakit. Kesemek juga mengandung tinggi vitamin C dan A serta senyawa fenolik seperti katekin dan gallocatechins yang langsung terkait dengan pencegahan berbagai jenis kanker.
·         Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Karena kualitas sifat antioksidan dan pencegahan kanker yang ada di dalamnya buah kesemek juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ini mengandung salah satu yang tertinggi yaitu asam askorbat (vitamin C) dan dapat memenuhi hamper 80% dari kebutuhan harian nutrisi tubuh. Vitamin C di dalam kesemek bermanfaat untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan garis depan dari pertahanan tubuh terhadap seranga mikroba, virus dan juga infeksi jamur serta benda asing atau berbagai macam zat beracun.
·         Menyehatkan system pencernaan
Seperti kebanyakan buah-buah lain kesemek juga merupakan sumber serat yang baik yang sangat dibutuhkan tubuh, buah ini mengandung hampir 20% dari kebutuhan harian serat. Serat ini akan membantu Anda dalam proses pencernaan makanan yang lebih efisien dengan cara merangsang gerak peristaltik untuk memindahkan makanan melalui saluran pencernaan juga meningkatkan sekresi lambung dan cairan pencernaan sert mengurangi gejala sembelit ataupun diare. Secara keseluruhan buah kesemek yang tinggi serat seperti kesemek bisa menjadi pendorong utama bagi kinerja sistem pencernaan dan dapat melindungi tubuh Anda dari kanker kolorektal dan beberapa penyakit sejenis lainnya. Kesemek juga akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan yaitu dengan cara membantu penyerapan lipid yang dapat menyebabkan obesitas.
·         Anti-Tumor
Seiring dengan sifat antioksidan dalam buah kesemek yang dapat mengurangi kemungkinan resiko kanker kesmek juga dapat menurunkan risiko perkembangan tumor di tubuh Anda. Di dalam kesemek terkandung asam betulinic yang terbukti merupakan senyawa anti-tumor. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan teradinya tumor dengan jalan menginduksi apoptosis. Namun jika Anda sudah memiliki tumor di dlam tuuh Anda makan buah kesemek dapat mengurangi ukuran dan menghentikan perkembangannya untuk menjadi kanker.

·         Anti penuaan dini
Buah kesemek kaya akan beberapa vitamin khususnya vitamin A, beta-karoten, lutein serta likopen dan cryptoxanthins. Semua kandungan itu dapat berfungsi sebagai antioksidan khusus untuk mengurangi stres oksidatif dan mencegah tanda-tanda dari penuaan dini pada kulit, seperti keriput juga bintik-bintik hitam akibat usia serta mencegah penyakit Alzheimer(pikun), kelelahan yang terlalu sering, penglihatan yang melemah, kelemahan otot dan kondisi- kondisi lainnya.
·         Kesehatan mata
Beberapa senyawa yang ada di dalam buah kesemek juga terbukti bermanfaat untuk kesehatan mata.  Zeaxanthin yang merupakan salah satu anggota dari vitamin B kompleks secara langsung terkait dengan peningkatan kesehatan mata karena sifatnya sebagai antioksidan. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa Zeaxanthin dapat mengurangi degenerasi macula juga katarak dan rabun senja.
·         Menurunkan Tekanan Darah tinggi
Kalium merupakan mineral lain yang ditemukan dalam jumlah yang cukup signifikan di dalam buah kesemek. Kalium tersebut dapat bertindak sebagai vasodilator dan menurunkan tekanan darah, sehingga akan membantu tubuh Anda untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dan mencegah berbagai jenis penyakit jantung.
·         Meningkatkan Sirkulasi Darah
Kesemek juga menyediakan tembaga yang merupakan elemen penting untuk pembentukan sel darah merah yang baru. Tanpa tembaga tubuh kita tidak bisa menyerap nutrisi penting untuk membentuk hemoglobin tambahan. Dengan meningkatnya sirkulasi sel darah merah yang sehat maka akan meningkatkan fungsi kognitif, otot juga metabolisme, peningkatan energy serta  penyembuhan luka dan pertumbuhan sel.

Sebagai peringatan buah kesemekk dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan jadi jika Anda menderita hipotensi atau tekanan darah rendah hal ini bisa membahayakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar