Crystal X banner

Minggu, 04 Januari 2015

Daftar Efek Samping Penggunaan Tanaman Obat untuk Kesehatan

Tanaman obat sudah sejak lama terkenal akan khasiatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan disebut-sebut sebagai obat yang tidak memiliki efek samping. Benarkah argument tersebut? Beberapa penelitian menemukan efek samping dari penggunaan tanaman untuk kesehatan wanita.
Semua yang digunakan berlebihan tentu tidak baik. Tidak terkecuali tanaman obat yang digunakan secara berlebihan malah akan membawa efek tidak baik pada kesehatan wanita. Selain itu tanaman obat juga bisa menimbulkan reaksi yang tidak baik terdapat kesehatan wanita seperti alergi.
Salah satu efek samping dari penggunaan tanaman sebagai solusi dari masalah kesehatan wanita yaitu penggumpalan darah pada pemakaian angelica, ginseng juga chammomile dan ginko yang berlebih.
Licorice banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan seperti flu, sakit tenggorokan sampai TBC. Namun ternyata berlebihan mengonsumsi licorice dapat membahayakan kesehatan hati bahkan bisa menyebabkan terjadinya hipertensi. Oleh sebab itu wanita dengan gangguan ginjal dan hipertensi dilarang mengkonsumsi licorice.
Comfrey yang digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan dan serangan kanker sudah banyak diteliti mengandung senyawa pyrrolizidin alkaloid yang memiliki sifat karsinogenik. Konsumsi comfrey yang berlebihan dapat mengakibatkan gangugan hati.
Teh hijau, aloe dan juga garlic yang banyak digunakan dalam pengobatan berbagai gangguan kesehatan ternyata juga dapat menimbulkan alergi. Konsumsi ginseng secara berlebihan dapat menyebabkan rasa cemas, insomnia bhakan gugup. Terlalu banyak konsumsi teh hijau ternyata dapat memicu munculnya gangguan asam. Penggunaan lavender dan tea tree dapat mengakibatkan iritasi pada kulit jika digunakan secara berlebihan.
Tanaman obat atau obat modern yang diproduksi oleh perusahaan farmasi saat ini banyak tersedia di took-toko obat atau apotek. Sekarang tergantung pada keputusan Anda untuk memilih obat mana untuk mengobati penyakit yang menyerang tubuh Anda.

Untuk menghindari efek samping dari penggunaan tanaman obat untuk kesehatan wanita, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai tanaman obat dan komposisi yang aman sebagai solusi kondisi kesehatan Anda. Cara penyajian dan dosis yang tepat akan memengaruhi kesehatan tubuh Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar