Crystal X banner

Kamis, 29 Januari 2015

Makanan-makanan yang Akan Perbaiki Kualitas Tidur

Insomnia menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang orang dewasa sampai mereka yang sudah lanjut usia. Dan sebagian besar merasa terganggu akibat dari jam tidur yang tidak terkendali dimalam hari. Sebagian lain ada yang jarang mendapatkan tidur malam dengan kualitas baik atau tidur nyenyak.
Mereka biasanya merasakan gelisah yang tidak karuan juga sulit mendapatkan posisi tidur yang nyaman dan mudah terganggu oleh suara-suara aneh yang banyak dijumpai di malam hari. Adapula mereka yang mendapatkan waktu tidur cukup namun disaat bangun terasa lesu, lelah dan ada rasa ingin melanjutkan tidurnya.
Bagi mereka yang menderita insomnia solusi palimg umum dilakukan yaitu dengan mendapatkan resep dari dokter serta mengganti tempat tidurnya dengan tempat tidur dengan tingkat kelembutan sedang. Bantal yang terlalu lembut atau terlalu keras bisa menjadi faktor yang menjadi penyebab terganggunya kualitas tidur seseorang.
Namun disamping penyebab tersebut adapula penyebab lain yang dapat menyebabkan buruknya kualitas tidur anda yaitu pola makan yang kurang terjaga. Jenis makanan yang anda konsumsi sehari-hari akan menentukan pula kualitas tidur anda. Hal ini bukan berarti anda hanya harus berhenti mengkonsumsi kopi yang mana kita ketahui kopi dapat membuat seseorang bisa terjaga lebih lama.
Berikut ini cara untuk memperbaiki kualitas tidur dan beberapa makanan ini akan membantu anda mewujudkan tidur yang lebih nyenyak dan nyaman.
1. Makanan yang mengandung melantonin alami
Melantonin adalah neurohormon yang berperan sebagai anti-oksidan. Sumber alami hormon melantonin bisa anda dapatkan dari mengonsumsi buah ceri. karenaceri memiliki kandungan asam amino tryptophan yang akan diubah menjadi serotinin yang kemudian menjadi melantonin dalam tubuh anda.
Hormon melantonin merupakan seyawa alami yang dapat menjadi obat alternatif untuk tidur yang lebih nyenyak. Untuk itulah alasan konsumsi buah ceri akan sangat ampuh membantu anda dalam memperbaiki kualitas tidur. Konsumsi jus ceri disiang hari dan sebelum tidur merupakan obat alami untuk masalah insomnia. Melantonin alami juga bisa anda temukan pada beberapa jenis ikan, buah stroberi dan anggur serta kacang almon dan tanaman tertentu seperti beras juga gandum dan oat.
2. Cemilan yang memiliki kandungan vitamin B6
Ketika anda merasakan sedikit lapar diantara waktu makan janganlah meraih sekantong keripik untuk melampiaskannya. Karena makanan tersebut memiliki kandungan pengawet dan sodium tinggi yang tidak baik untuk kesehatan. Lebih bali pilihlah opsi cemilan sehat seperti sereal bisa jua kacang-kacangan atau buah pisang.
Sebab beberapa makanan tersebut memiliki kandungan vitamin B6 yang baik di dalamnya. Sebenarnya vitamin B6 dalam makanan tersebut tidak memiliki manfaat utama dalam memperbaiki kualitas tidur namun kandungan tersebut akan berkontribusi dalam menciptakan hormon melantonin yang merupakan hormon yang akan mengantarkan anda tertidur lebih nyenyak. Untuk itu konsumsi makanan yang sudah disebutkan diatas akan baik dalam memperbaiki kualitas tidur anda yang tidak teratur.
3. Makanan dengan kandungan rendah lemak
Saat menjelang tidur sebaiknya jauhkan menu-menu seperti junk food atau gorengan juga makanan lain dengan kandungan lemak tinggi di dalamnya. Karena makanan tinggi lemak di dalamnya akan memperburuk jam malam seseorang yang membuat tidurnya menjadi tidak dalam kualitas baik.
4. Makanan berkarbohidrat

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat akan membuat tubuh anda mendapatkan ledakan energi beberapa menit setelah anda mengonsumsinya. Karbohidrat juga mampu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh anda yang akan memicu tubuh memproduksi insulon untuk mengatur gula darah anda. Dan setelah kadar gula darah dan insulin anda menurun maka anda akan cepat merasakan kantuk sehingga anda akan tertidur pulas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar