Crystal X banner

Kamis, 29 Januari 2015

7 Hal yang Bisa Menjadi Penyebab Rusaknya Otak Kecil


Pernahkan anda melihat orang yang jalannya terhuyung-huyung seakan mereka akan terjatuh? Atau melihat orang yang seakan tersandung sesuatu padahal dia tidak tersandung apapun? Jika anda melihat hal tersebut ada kemungkinan orang tersebut sedang mengalami gangguan dalam keseimbangan tubuhnya.
Adanya gangguan keseimbangan pada tubuh seseorang ini dalam bahasa medis dikenal dengan nama ataksia. Anaktasia bukanlah sebuah penyakit melainkan gejala dari adanya penyakit tertentu.
Penyebabab umum terjadinya ataksia ini yaitu berbaagai macam gangguan syaraf terutama yang terjadi di dalam otak kecil. Otak kecil merupakan pusat pengendali keseimbangan dan gerak tubuh seseorang jadi jika otak kecil terganggu bisa menyebabkan munculnya gejala ataksia. Berikut ini 7 masalah yang bisa menjadi penyebab rusaknya otak kecil
·         Stroke
Jika aliran darah yang menuju ke bagian otak terganggu atau berkurang maka sel otak akan kekurangan oksigen dan juga nutrisi. Jika kondisi ini terjadi maka bisa mematikan sel otak yang berpengaruh pada keseimbangan tubuh.
·         Transient Ischemic Attack
Kondisi ini terjadi karena berkurangnya aliran darah yang menuju ke otak secara tiba-tiba. Umumnya kondisi ini hanya berlangsung selama beberapa saat sehingga gangguan keseimbangan dan koordinasi tubuh hanya berlangsung sementara.
·         Cerebral Palsy
Kerusakan otak yang dialami saat masa pertumbuhan ini dapat berpengaruh terhadap koordinasi gerak juga kemampuan keseimbangan anak.
·         Multiple Scleroris.
Kondisi ini merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf pusat sehingga akan berpengaruh terhadap otak.
·         Trauma kepala
Benturan keras yang terjadi pada kepala seperti yang terjadi akibat kecelakaan dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan juga punggung orang yang mengalaminya. Gangguan yang terjadi pada tulang punggung juga dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan karena saraf-saraf pada daerah tersebut berhubungan dengan otak kecil.
Benturan keras yang sampai menyebabkan trauma dan gangguan keseimbangan ini dikenal dengan ataksia serebelar akut.
·         Paparan racun
Terjadinya gangguan keseimbangan juga dapat terjadi akibat efek samping obat-obatan atau zat kimia yang dikonsumsi. Zat pelarut yang mengandung racun di dalamnya yaitu seperti penghapus cat dan paparan logam berat yang beracun seperti merkuri.
·         Ataksia

Hal ini merupakan penyebab utama dari gangguan keseimbangan manusia karena adanya kerusakan yang terjadi pada otak kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar