Crystal X banner

Rabu, 28 Januari 2015

Wanita Akan Jadi Lebih Gemuk Saat Haid

Rasanya emosi lebih labil, tiba-tiba ingin marah dan tiba-tiba ingin menangis saat menstruasi pasti pernah dialami oleh hamper semua wanita, belum lagi tubuh yang terasa semakin membengkak. Bagian dada yang terasa lebih kencang bhkan baju apapun kelihatan tidak pas saat dikenakan. Benarkah saat siklus haid dating membuat tubuh wanita menjadi lebih gemuk?
Selama ini berbagai keluhan wanita saat menstruasi antara lain pegal, perut dan dada terasa nyeri, perut kembung dan seakan tubuh berkali-kali lebih gemuk. Ternyata masahal ini tidak hanya terjadi pada anda tapi hal ini juga dialami banyak wanita lain. Penelitian yang dipublikasikan di dalam International Journal of Eating Disorders mengatakan lonjakan hormon saat haid akan membuat wanita lebih gemuk dibanding biasanya.
Disaat sudah masuk dalam periode menstruasi wanita akan merasa makin bersalah disaat mereka menikmati makanan bhkan makanan faforit. Tubuh mereka ingin makan banyak makanan namun ada rasa bersalah setelah makanan tersebut selesai dimakan. Jadi tidak heran jika banyak wanita membenci dirinya disaat sedang datang bulan. Jika kondisinya sudah seperti ini emosi juga akan tidak stabil.
Penelitian yang dilakukan pada beberapa wanita menunjukkan di saat masa menstruasi wanita akan  cenderung lebih banyak makan sebab nafsu makan mereka yang meningkat drastis. Dari segi kesehatan  hal tersebut merupakan hal yang alami sebab tubuh wanita akan dipersiapkan untuk hamil pada masa subur maka harus ada nutrisi yang cukup dan bagus pada masa menstruasi. Hal itu terus akan terus berulang walau si wanita tidak berencana hamil atau belum menikah karena tubuh anda sudah punya jam kerja tersendiri untuk urusan reproduksi.

Para peneliti mengatakan bahwa anda harus memperhatikan jenis makanan yang anda makan. Jangan melawan keinginan tubuh anda tersebut sebab jika semakin dilawan maka anda akan makan lebih banyak. Pilih makanan yang sehat di saat masa menstruasi, buah-buahan segar yang kaya serat seperti apel atau melon dan semangka bahkan mangga bisa membuat anda kenyang lebih lama tanpa lemak jahat dan kalori yang berlebih di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar