Crystal X banner

Senin, 03 November 2014

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Mungkin saat ini masih ada beberapa ibu hamil yang belum mengeti bahwa semangka sangat bermanfaat untuk masa kehamilannya tersebut. Berikut ini manfaat yang bisa Anda ambil dari buah semangka.
1.      Mengurangi rasa mual yang sering dialami ibu yang sedang hamil, terutama saathamil muda.
2.      Penambah cairan di dalam tubuh.
3.      Mencegah kram otot yang sering terjadi pada masa kehamilan trisemester pertama.
4.      Mengurangi rasa panas di perut ibu hamil.
5.      Membantu perkembangan otak juga penglihatan dan sistem imun pada bayi yang ada dalam kandungan.
6.      Menjaga kesehatan tubuh ibu yang sedang hamil.
Selain untuk ibu hamil semangka juga bermanfaat untuk semua umur. Manfaat semangka untuk kesehatan tubuh antara lain:
1. Mencegah hipertensi dan stroke
Buah ini mengandung kalium yang berguna untuk menurunkan tekanan darah yang sedang naik. Selain itu terdapat kandungan karetenoid yang dapat mencegah pengerasan dinding arteri maupun pembuluh vena sehingga bisa menstabilkan tekanan darah. Manfaat yang bisa didapat dari buah semangka ini dapat anda peroleh jika anda rutin mengkonsumsinya.
2. Menjaga kesehatan ginjal
Kandungan kalium yang tinggi dalam buah semangka ini dapat membantu Anda untuk menjaga kesejatan dinjal yang sangat penting untuk tubuh Anda. Kalium tersebut membantu membersihkan sisa-sisa racun yang mengendap dalam ginjal. Selain itu buah ini juga mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga mengurangi resiko kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal yang akan meniksa hidup Anda.
3. Antioksidan
Dalam semangka di dapatkan kandungan likopen yang cukup tinggi yang merupakan senyawa antioksidan yang berpotensi untuk mencegah radikal bebas yang sudah masuk dalam tubuh. Radikal bebas yang berlangsung tidak terkendali ini bisa disebabkankarena polusi juga pola makan dan daya tubuh yang sedang dalam kondisi tidak baik. Hal ini akan berakibat mudah terserang penyakit dan radikal bebas ini merupakan awal dari munculnya berbagai macam penyakit kanker.
4. Mencegah sariawan
Sariawan yang biasa terjadi dapat diatasi dengan makan semangka. Buah ini  mengandung banyak mengandung vitamin dan air, dua senyawa ini yang berperan dalam mencegah munculnya sariawan di dalam mulut Anda. Pada dasarnya sariawan ditimbulkan karena adanya bakteri yang berkembang di mulut dan bakteri akan berkembang baik jika mulut anda kering sehingga kandungan air dari buah semangka dapat mengurangi adanya bakteri yang menjadi penyebab sariawan tersebut.
5. Alternatif makanan bagi penderita diabetes
Walaupun buah semangka memiliki manis namun ternyata memiliki kandungan gula yang relatif rendah. Selain hal tersebut manfaat buah semangka bagi penderita diabetes yaitu kandungan yang terdapat dalam buah semangka mampu merangsang produksi insulin sehingga menurunkan kadar gula dalam darah yang sedang tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar