Crystal X banner

Sabtu, 29 November 2014

Kesehatan Tubuh dari Konsumsi Rebung

Rebung merupakan salah satu makanan khas di beberapa wilayah Asia termasuk Indonesia. Namun walaupun demikian banyak juga orang yang tidak menyukai makanan ini mungkin hal itu karena aroma dan teksturnya yang cukup unik dan belum terlalu familiar di lidah mereka. Padahal bebagai olahan rebung menawarkan banyak manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh.
Manfaat rebung untuk kesehatan
Beberapa manfaat dan khasiat yang bisa Anda peroleh jika kita mengkonsumsi rebung antara lain :
Menurunkan berat badan
Rebung bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Manfaat ini berkat kandungan kalori dalam rebung yang rendah. Selain itu rebung mengandung tinggi serat sehingga akan membuat perut ada cepat kenyang saat mengkonsumsinya.
Menurunkan kolesterol
Di dalam 100 gram porsi olahan rebung mengandung 2,5 gram gula. Sementara kandungan lemak tidak jenuh dan lemak jenuhnya kurang lebih 0,49 gram. Dua hal tersebut yang membuat rebung menjadikannya makanan yang mampu membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan dapat menyehatkan jantung.
Meningkatkan sistem imun
Selain itu rebung juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A dan E, vitamin B6, asam folat serta  thiamine, riboflavin dan juga niasin. Di dalam rebung juga terkandung beberapa mineral penting seperti zat besi, mangan juga tembaga, kalium serta fosfor, natrium, seng juga magnesium dan kalsium. Semua nutrisi yang ada pada rebung tersebut sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
Mengatasi masalah pernafasan
Rebung mengandung asam amino yang merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Hal tersebut membuat rebung memiliki potensi untuk mengatasi masalah pernapasan misalkan pilek, batuk atau hidung yang tersumbat.
Menyehatkan pencernaan
Selain manfaat diatas rebung dapat membantu mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti diare dan gastroenteritis. Juga dapat dimanfaatkan sebagai obat cacingan.
Melawan kanker
Di dalam rebung terkandung fitosterol seperti flavone juga amilasi dan klorofil yang akan membantu melawan kanker.
Menurunkan tekanan darah
Tingginya kandungan kalium di dalam rebung membuatnya menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjaganya tetap normal. Mengkonsumsi rebung juga dapat menurunkan depresi serta penyakit mental dan kecemasan.
Melancarkan siklus menstruasi
Apabila siklus haid Anda tidak lancar, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi rebung. Karena rebung mengandung bahan alami yang dapat membantu melancarkan siklus menstruasi serta dapat mengurangi rasa nyeri.
Menyembukan bisul juga luka
Sebuah penelitian terbaru mengatakan rebung mempunyai sifat anti inflamasi dan analgesik yang dapat membantu Anda mempercepat proses penyembuhan bisul dan juga luka.
Memperlancar proses kelahiran

Rebung merupakan tanaman jenis uterotonika yang mampu membantu Anda meningkatkan kontrasi rahim sehingga dapat membantu Anda memperlancar proses kelahiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar