Crystal X banner

Jumat, 03 Oktober 2014

Makanan Sehat Anti Kanker


Kanker seakan menjadi peyakit yang manjadi trend dewasa ini. Jika anda menerapkan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makana dengan asupan nutrisi yang tepat, Anda bisa dapat hidup sehat tanpa dihantui bahaya terkena penyakit kanker. Makan sehat anti kanker:

1. Alpukat
Kaya akan glutathione, antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas yang sudah masuk dalam tubuh.Para ilmuwan juga mempercayai khasiat buah ini dapat mengobati hepatitis –penyebab kanker hati- dan  masalah-masalah kerusakan hati lainnya.

2. Brokoli, kol & kembang kol
Ketiga jenis sayuran ini memiliki komponen kimia indole-3-carbinol (I3C) yang berguna memerangi kanker payudara dengan mengubah estrogen pemicu kanker menjadi bersifat protektif atau melindungi. Dalam brokoli, terutama di bagian kecambah memiliki phytochemical sulforaphane yang dipercaya dapat mencegah beberapa tipe kanker. Zat sulforaphane menginduksi produksi enzim tertentu yang dapat menonaktifkan radikal bebas dan karsinogen.

3. Cabai

Di dalam Cabai terkandung senyawa capsaicin yang dapat menetralisir resiko sejumlah kanker termasuk mencegah kanker perut.

4. Bawang Putih

Komponen dominan yang terkandung dalam bawang putih yaitu allyl sulfur membantu mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamine dalam tubuh dan memblokir zat-zat karsinogen yang berbahaya jika berada di dalam bagi tubuh. 

Komponen-komponen ini dapat mencegah mutasi gen, mencegah pertumbuhan sel kanker dan memperbaiki struktur DNA yang rusak bahkan bawang putih bisa merangsang sel kanker untuk membunuh dirinya sendiri (apoptosis). Selain itu bawang putih berkhasiat sebagai antioksidan yang mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membunuh kuman helicobacter pylori yang dapat memicu kanker lambung.
5. Jeruk Bali
Seperti halnya jenis jeruk, buah ini mengandung monoterpenes yang mampu mencegah kanker dengan menyapu karsinogen yang menjadi penyebab kanker keluar dari tubuh.  Dalam jeruk bali juga terdapat vitamin C, beta karoten dan juga asam folat.

6. Anggur Merah
Anggur merah mengandung bioflavonoids dan antioksidan yang bekerja sebagai pencegah kanker.  Dalam buah mungil ini juga mengandung asam ellagic yaitu zat yang dapat menghambat berkembangnya tumor. Minuman yang terbuat dari anggur merah memiliki kandungan polyphenols yang dapat melindungi dari berbagai macam kanker dan menetralisir penyakit-penyakit penyebab radikal bebas.

7. Jamur
Ada beberapa jenis jamur yang mampu membantu tubuh memerangi kanker dan membangun sistem pertahanan tubuh, antara lain jamur shiitake, jamur maitake, dan jamur reishi.  Jamur-jamur ini mengandung senyawa yang ampuh membantu membangun imunitas. Protein lectin juga terdapat di dalam jamur-jamur tersebut yang dapat menyerang sel-sel kanker dan mencegahnya bermutasi. Jamur yang sudah di ekstrak juga telah sukses diuji di Jepang sebagai  bahan tambahan untuk kemoterapi.

8. Pepaya

Buah ini kaya vitamin C yang dapat bermanfaat sebagai antioksidan,. Pepaya juga asam folat yang dapat meminimalisasi dysplasia serviks dan kanker jenis tertentu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar