Crystal X banner

Minggu, 12 Oktober 2014

3 FASE RADANG TENGGOROKAN


Radang tenggorokan yang mengganggu dapat disebabkan oleh banyak hal dan salah satu factor penyebab yang paling sering terjadi karena terdapat virus pada tenggorokan Anda. Radang tenggorokan ini dapat terjadi pada bayi hingga orang yang sudah dewasa. Disini kami akan membahas tentang beberapa fase penyebab radang tenggorokandari fase subkronik hingga penyebab radang tenggorokan yang sudah parah atau kronis.
Radang tenggorokan bisa dibagi menjadi 3 fase :
·         Akut
Radang tenggorokan fase akut terjadi kurang dari dua minggu dari awal terjadinya radang.  Dalam fase ini ada beberapa hal yang terjadi seperti cairan pada tenggorokan dominan berwarna bening dan penyebab utamanya dikarenakan oleh virus yang terdapat dalam tenggorokan. Dalam satu hingga dua hari rasa yang ditimbulkan dari radang ini tenggorokan akan terasa lebih berat. Jika anda melihat bagian tenggorokan anda dengan menggunkan alat penerang, akan terlihat warna kemerahan dan terdapat benjolan kemerahan. Gejala radang tenggorokan ini akan menimbulkan efek pada tubuh anda misalkan demam dan nyeri tenggorokan dan rasa sakit saat menelan makanan selain itu mengalami pembesaran getah bening di bagian leher.
·         Subkronik
Fase  subkronik terjadi dari 2 minggu hingga 3 bulan awal terjadinya radang. Pada fase ini akan timbul bercak-bercak pada bagian tenggorokan Anda disertai timbulnya warna merah muda . Pada fase subkronik akan ada cairan yang di keluarkan dari tenggorokan berwarna keruh dan tenggorokan akan terlihat membengkak. Dan fase terakhir untuk radang pada tenggorokan yaitu Fase Kronik.
·         Kronik
Fase ini terjadi lebih dari 3 bulan semenjak anda menderita penyakit ini. Radang tenggorokan dalam fase ini justru tidak akan merasakan sakit seperti yang di alami pada dua fase sebelumnya. Seperti rasa sakit saat menelan makanan, karena gejala yang ditimbulkan lebih ringan dari fase sebelumnya. Pada fase kronik pada umumnya anda akan merasa gatal, terasa kering dan ada lendir yang sulit untuk dikeluarkan di dalam tenggorokan. Selain itu Anda yang menderita radang tenggorokan akan lebih sering batuk dan merasa ada yang mengganjal di tenggorokan Anda. Feringitis dalam fase kronis dapat ditemukan sebagai kelainan pada bagian faring, yang merupakan dampak dari adanya infeksi saluran pernafasan atas dan lainnya sebagainya.

Seperti yang telah disampaikan di atas, radang pada tenggorokan juga dapat terjadi pada anak-anak dan berikut ini penyebab radang tenggorokan yang terjadi pada anak :
Terjadinya radang tenggorokan pada dasarnya 30 sampai 50% disebabkan oleh infeksi virus dan sisa presentase juga dapat disebakan oleh bakteri dan alergi dalam tenggorokan. Selain hal tersebut beikut beberapa hal yang dapat memicu terjadinya radang tenggorokan:
•           Sering menggunaan kostikosteroid inhalasi bagi para penderita asma
•           Terlalu sering bernafas menggunakan mulut ketika hidung tersumbat
•           Polusi udara yang biasa disebabkan oleh debu dan asap rokok, atau berada didaerah industry yang biasanya banyak polusi udara dari hasil limbah pabrik
•           Mengkonsumsi makanan yang dapat merangsang terjadinya radang tenggorokan, misalkan : makanan pedas dan berminyak, minuman beralkohol, makanan asam dan minuman dingin
•           Naiknya asam lambung pada tenggorokan
•           Rhinitis dan sinusitis


Untuk menjaga agar buah hati antercinta  terhindar dari radang tenggorokan alangkah baiknya memperhatikan pola makan buah hati tercinta. Misalkan menjauhkannya dari makanan pedas dan berminyak, juga minuman es atau dingin.
Radang tenggorokan yang menyerang bayi juga dapat timbul karena virus maupun bakteri namun cara mengatasi radang tenggorokan pada bayi berbeda dengan pengobatan pada anak, maupun pengobatan yang biasa dilakukan pada orang dewasa. Pada umunya radang pada bayi bisa terjadi selama 3 sampai 4 hari. Dan berikut ini cara menanganinya.
1.         Berikan banyak cairan dan tetaplah memberikan ASI pada bayi Anda
2.         Jika bayi anda mengalami demam tinggi berikan paracetamol khusus bayi sesuai dosis yang dianjurkan
3.         Bila demam pada bayi Anda terjadi hingga 5 hari, akan terlihat terdapat ruam di bagian dada, perut juga tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar