Crystal X banner

Jumat, 06 Februari 2015

Penyebab dan Cara Pencegahan Penyakit Molluscum Contagiosum

Penyebab utama penyakit molluscum contagiosum pada anak
Penyebab utama daripenyakit  molluscum contagiosum yaitu virus kulit atau terkadang pada membaran mukosa yang menjangkit penderita masalah ini. Jenis penyakit molluscum contagiosum yang menjangkit seseorang yaitu poxvirus. Infeksi ini umum menyerang anak-anak dan akan mempengaruhi daerah kulit dan yang paling umum terjangkit yaitu bagian lengan juga badan dan kaki.
Penyebaran virus molluscum contagiosum bisa melalui kontak langsung ataupun melalui kontak langsung dengan seseorang yang merupakan penderita penyakit ini. Penyebaran penyakit ini dapat terjadi dari kulit ke kulit yaitu melalui kontak seksual ataupun bisa juga terjadi karena menyentuh kutil kelompok tersebut dan kemudian menyentuh kulit.
Selain itu benda benda yang digunakan oleh anak yang merupakan pennderita molluscum contagiosum akan mudah menjadi media penyebaran virus. Beberapa benda yang mungkin menyebarkan virus ini yaitu handuk yang akan mengakibatkan infeksi pada mereka penderita baru. Proses pemulihan anak yang mengalami penyakit ini berbeda beda pada masing-masingnya ada yang lebih cepat dikarenakan menggunakan penanganan adapula akan yang membutuhkan waktu yang lama bahkan hingga 6 bulan.
Cara pencegahan dan pengobatan penyakit molluscum contagiosum
Anak penderita penyakit ini yang memiliki sistem kekebalan tubuh normal maka dia akan sembuh tanpa perawatan khusus. Namun walaupun demikian jika masalah ini dibiarkan akan membuat ketidaknyamanan hingga bertahun tahun bahkan mungkin akan mengalami waktu yang lama jika sistem kekebalan tubuh sang anak mengalami masalah. Pengobatan yang dapat dilakukan akan tergantung pada area tubuh yang terkena kutil berkelompok juga jumlah luka yang terjadi.
Meskipun masalah kutil kelompok ini dapat sembuh dengan sendirinya akan tetapi berikut ini alasan secara medis untuk menyembuhkan penyakit ini berdasarkan :
·         Terjadinya pendarahan
·         Terjadinya infeksi sekunder
·         Rasa tidaknyaman yang dialami anak
·         Menimbulkan beka luka
·         Beresiko memunculkan peradangan pada mata
Pengobatan yang dapat dilakukan untuk anak yang menderita kutil berkelompok :
Cryotherapy
Cara ini akan dengan membunuh sel yang terinfeksi dengan memberikan tekanan udara menggunakan spray yaitu prosedur yang tidak akan menyebabkan rasa sakit. Dengan menggunakan metode ini infeksi sel juga akan berkurang.
Penggosokan
Jika anda memilih terapi ini maka anda harus melakukannya dengan cermat. Karena gundukan akan digosok menggunakan betadine selama 5 menit dan cara ini dilakukan setiap hari sampai luka menghilang.
Masih banyak yang dapat dilakukan sebagai media pengobatan kutil berkelompok dan diantaranya yaitu dengan menggunakan terapi laser, perawatan sistematik atau bisa juga dengan pemberian cantharindin dan penerapan duct tape hingga gundukan akan mengeras dan akhirnya sembuh.
Perawatan alami pada anak memang sangat diperlukan untuk mencegah penyakit kulit pada anak, diantaranya :
·         Mencuci baju anak sebelum dia menggunakannya
Ketika anda membeli baju baru usahakan cuci terlebih dahulu sebelum di kenakan oleh anak anda. Pastikan anda menggunakan deterjen anti kuman sehingga dapat menghindari dari kuman yang menempel pada baju.
·         Gunakan kain lembut
Disaat anda merawat kulit bayi usahakan menggunakan tisyu bayi sehingga tidak menimbulkan iritasi dan membuat kulit anak anda menjadi lebih kering. Anda bisa merawat kulit anak dengan menempelkan kain pada kulit secara pelan pelan.
·         Menjaga kebersihan

Selalu menjaga kebersihan tangan dan kaki sangatlah diperlukan. Terlebih pada anak usia prasekolah dan sekolah dimana mereka sering menghabiskan waktu bermain di lingkungan juga bersosialisai dengan teman temannya. Mencuci tangan dan kaki sangat akan mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar