Crystal X banner

Jumat, 20 Februari 2015

Berbagai Macam Cara Mengobati Cacingan

Walaupun cacingan bukan termasuk dalam penyakit yang berbahaya atau penyakit yang memiliki resiko tinggi, namun jika oenyakit ini dibiarkan tanpa penanganan yang tepat maka penyakit cacingan bisa saja meyebabkan penderitanya mengalami maal nutrisi yang bisa berujung pada gangguan pertumbuhan dan perkembangan panak-anak, belum lagi resiko gangguan fungsi organ faal tubuh bagi orang dewasa. Menurut beberapa sumber hal ini lebih disebabkan oleh terganggunya asupan nutrisi harian tubuh serta adanya kemungkinan terjadinya anemia akibat terhisapnya darah oleh beberapa jenis cacing seperti cacing tambang serta cacing cambuk. Adakah kiat dan tips untuk mengobati cacingan?
Berikut beberapa berbagai macam kiat dan tips untuk mengobati cacingan yang bisa anda praktekkan:
Tradisional alami
Untuk mengobati cacingan secara alami anda bisa menggunakan biji pepaya yang langsung dimakan, bisa juga menggunakan buah nanas atau kombinasi dari irisan pisang bersama perasan jeruk lemon. Selain penggunaan buah-buahan tersebut anda juga bisa menggunakan daun lamtoro yang diperas dan diambil sarinya atau kuaci biji bunga matahari, jus buah delima atau pomegranate juga penggunaan ramuan tradisional seperti daun sambiloto atau bisa juga ramuan temu ireng. Beberapa sumber mengatakan bahwa konsumsinya harus dilakukan secara rutin minimal setiap hari begitu diketahui bahwa terdapat cacing pada feses melalui uji laboratorium.
Modern
Untuk pengobatan secara modern anda bisa menggunakan bahan-bahan kimia sintetis sesuai dengan farmakologi. Beberapa ahli medis menyarankan penggunaan Pyrantel pamoat atau penggunaan Mebendazole untuk pasien cacingan. Dikatakan juga bahwa dosis yang dianjurkan dalam cara ini yaitu 10 mg tiap kg berat badan jadi tidak disesuaikan menurut usia tapi obatk yang dipilih disesuaikan dengan berat badan tubuh.

Itulah beberapa kiat serta tips cara mengobati penyakit cacingan yang bisa menjadi pertimbang anda. Anda juga dianjurkan untuk melakukan tindakan pencegahan dengan tetap menjaga higienitas diri sendiri serta makanan dan lingkungan anda. Selain itu anda juga bisa melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi obat anti cacing setiap 6 bulan sekali agar cacing merasa tidak betah dan keluar lewat dubur. Anda juga harus mengenali gejala-gejala cacingan agar dapat melakukan pencegahan sebelum masalah ini menjadi lebih serius. Jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter agar anda mendapat penjelasan dan pengobatan lebih paling tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar