Crystal X banner

Kamis, 12 Februari 2015

Berbagai Manfaat Olahraga di Malam Hari

Olahraga merupakan hal penting untuk dilakukan agar daya tahan tubuh terjaga dan tidak mudah terserang penyakit namun sekarang banyak orang yang meninggalkan kebiasaan olahraga dikarenakan kesibukan sehari–hari, sehingga ada beberapa orang yang memilih berolahraga di malam hari. Namun yang menjadi pertanyaan apakah olahraga malam hari juga baik dan bermanfaat bagi kesehatan ?
Olahraga malam selepas jam kerja memang sedang tren, selain tidak mengganggu jam kerja atau aktifitas mereka olahraga malam juga mampu membantu para pekerja untuk menjaga daya tahan tubuhnya saat beraktivitas dikantor. Manfaat olahraga malam hari sebelum tidur juga tidak kalah dengan berbagai jenis olahraga yang dilakukan di siang atau pagi hari.
Manfaat melakukan olahraga di malam hari tidak hanya untuk kesehatan namun ada banyak manfaat untuk interaksi sosial dan berbagai keperluan lain. Olahraga malam dapat memberikan manfaat dan kebaikan dalam tubuh kita dan berikut diantaranya.
·         Relaksasi otak
Setelah melakukan berbagai macam aktivitas di kantor selama seharian, dengan melakukan olahraga malam kita dapat merefresh otak kita karena olahraga selain akan menjaga kesehatan juga bermanfaat menghilangkan stress sehingga mungurangi tekanan yang ada dalam pikiran.
·         Efisien waktu
Bagi anda para pekerja olahraga malam sangat cocok untuk menjaga kebugaran tubuh dikarenakan selain waktu olahraga yang dilakukan setelah jam kantor, olahraga malam juga tidak dikejar waktu seperti olahraga pagi hari dimana kita harus kejar waktu untuk olahraga terutama bagi anda yang merupakan pekerja kantoran.
·         Interaksi sosial
Olahraga malam juga dapat membantu kita berinteraksi dengan mereka yang melakukan olahraga di malam hari juga, seperti berolahraga di seputaran komplek rumah, futsal atau olahraga dipusat kebugaran yang membuat kita bisa berinteraksi dengan orang di sekitar kita.
·         Membentuk otot
Bagi anda yang ingin membentuk otot tubuh anda, olahraga malam merupakan pilihan yang baik karena membentuk atau membangun otot lebih baik dilakukan dimalam hari disaat tubuh anda mengeluarkan hormone yang akan membentuk tubuh lebih banyak dari pada di olahraga pagi ataupun siang hari.
·         Mengurangi resiko dedera
Untuk mereka yang sibuk tetapi tetap menyempatkan diri berolahraga di pagi hari dengan tergesa gesa, hal itu dapat menyebabkan resiko cedera terutama dipersendian tubuh karena di saat itu otot belum siap untuk melakukan aktivitas yang berat namun jika anda memilih berolahraga di malam hari otot – otot tubuh anda sudah siap karena sudah terbiasa oleh aktivitas yang anda lakukan sebelumnya.
·         Membakar kalori
Jika anda menginginkan kalori anda terbakar dengan maksimal maka olahraga malam bisa menjadi solusi untuk keinginan anda tersebut karena kalori yang berasal dari makanan yang kita konsumsi selama seharian akan dibakar disaat kita berolah raga di malam hari.
·         Tidur lebih nyenyak
Jika kegiatan olahraga di malam hari ini sudah dilakukan secara rutin akan membuat kualitas tidur anda semakin meningkat dan membuat anda merasa jauh lebih fit saat pagi hari. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh National Sleep Foundation di Amerika yang melakukan studi mengenai kualitas tidur 83 orang yang rutin melakukan olahraga di malam hari. Namun disarankan untuk berdiam diri selama 1 jam setelah melakukan olahraga karena suhu tubuh setelah olahraga malam hari akan meningkat.
·         Banyaknya fasilitas
Seperti yang kita ketahui jarang ada pusat kebugaran yang buka pada saat pagi hari. Kebanyakan pusat kebugaran  seperty fitness center atau yang tempat olahraga lain buka setelah jam kantor berakhir.
·         Terlihat awet muda

Salah satu manfaat yang paling umum akan di dapatkan dari berolahraga yaitu mampu membuat kita terlihat awet muda serta wajah kita akan terlihat lebih fresh sehingga bisa menjadi daya tarik bagi diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar