Crystal X banner

Senin, 11 Januari 2016

Leher, Bagian Badan yang Kompleks & Berperan Vital

Kasus yg menimpa Allya Siska menyadarkan kita untuk selalu menjaga kesehatan leher. Kita kemungkinan tak sadar leher yg terletak di bagian badan atas ini tergolong dalam organ yg fatal kalau disentuh sembarang orang.
Dalam secarik keterangan pers dari dokter spesialis bedah saraf TNI AU dengan kompetensi di bidang tulang belakang, Dr. dr. Wawan Mulyawan, SpBS, SpKP menuturkan bahwa leher tak hanya secuil seperti yg tampak. Tetapi bagian badan ini terdiri dari struktur anatomi yg lumayan kompleks, beragam, sempit dengan fungsi yg vital.
Di sektor depan terdapat kelenjar tiroid yg menaruh hormon tiroid, hormone ini amat mutlak utk metabolisme badan. Selanjutnya ada esofagus yg jadi saluran masuk makanan yg bakal menuku ke lambung. & masihlah ada trakea sbg saluran masuknya hawa utk pernapasan dari mulut & hidung yg menuju ke bronkus selanjutnya masuk ke dalam paru-paru.
Ada pula pembuluh darah mutlak yg menuju ke otak atau arteri karotis kiri & kanan, serta dari otak atau vena jugularis kiri & kanan.. Makin ke belakang sehingga terdapat struktur tulang belakang sektor leher yg dalamnya terdapat sumsum tulang belakang & pembuluh darah yg menuju ke otak bidang belakang.
Jumlah sektor jumlahnya itu masihlah ditambah dgn fungsi dari masing-masing bidang yg amat sangat mutlak, menjadi tak salah seandainya leher tidak jarang disebutdengan 'jembatan kehidupan' antara kepala dgn badan sektor bawah.
Hukuman mati yg tetap lazim dilakukan sampai disaat ini dua di antaranya adalah hukuman gantung & hukuman penggal leher, di mana ke-2 hukuman tersebut diyakini menjadikan leher sbg lokasi paling cepat di badan buat mematikan satu orang terpidana yg dihukum mati. Atau kala menyembelih hewan kurban, yg dipotong yakni sektor leher yg sanggup langsung menciptakan hewan kurban wafat.
Itulah yg jadi argumen mengapa kita mesti melindungi leher dari segala kategori bahaya yg barangkali dapat menyangkut leher.
Tips kesehatan lebih lengkap kunjungi crstalx.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar