Crystal X banner

Selasa, 19 Mei 2015

Manfaat dari Buah Loofah yang Bisa Anda Dapatkan

Beberapa saat yang lalu kita digegerkan dengan berita penampakan dari buah tanaman yang memiliki bentuk mirip payudara perempuan, buah tersebut yaitu buah loofah. Mungkin buah ini masih terdengar asing bagi Anda, karena buah loofah bukan buah asli dari Indonesia. Buah ini merupakan buah khas Negara Vietnam. Buah loofah berwarna merah muda dengan bagian ujung membesar dan memiliki benjolan hitam mirip dengan puting payudara wanita. Walaupun sedikit vulgar tapi buah ini benar-benar ada.
Buah loofah sebenarnya merupakan jenis timun yang masuk dalam jenis sayur. Di Vietnam orang-orang memanfaatkannya sebagai bahan masakan. Di Indonesia sayuran oyong merupakan sayuran yang masih satu kerabat dengan buah loofah. Buah dengan nama Ilmiah Luffa Aegyptiaca bentuknya memang agak aneh dan bagi yang baru melihatnya mungkin akan sedikit ragu untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Pada umumnya loofah banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan seperti sup dan berbagai masakan lain. Berikut berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah loofah:
·         Menyembuhkan sembelit
Jika Anda mengalami masalah sembelit atau gangguan pencernaan lainnya maka dengan mengkonsumsi buah loofah dapat membantu Anda mengatasi gangguan yang ada pada system pencernaan Anda. Buah loofah yang masak mengandung banyak serat yang sangat baik bagi sistem pencernaan seseorang.
Spons untuk mandi
Tahukah jika spons yang biasa Anda gunakan untuk mandi ada juga yang terbuat dari loofah? Buah loofah harus melalui pemrosesan terlebih dahulu untuk dapat digunakan sebagai spons. Pada proses ini buah loofah telebih dahulu dibersihkan dan hanya disisakan seratnya. Serat inilah yang nantinya dapat diproduksi sebagai bahan utama pembuat spons untuk mandi.
Selain dapat diolah menjadi spons mandi, buah loofah yang sudah mengering juga dapat digunakan sebagai spons untuk mencuci peralatan makan. Loofah sangat efektif karena buah ini merupakan buah yang memiliki serat yang banyak dapat menyapu kotoran-kotoran.
Buah loofah sebagai bahan baku furnitur
Buah loofah juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan berbagai macam furnitur. Produksi furniture yang menggunakan loofah sebagai bahan bakunya banyak ditemui di Paraguay. Penggunaan buah loofah sebagai furniture yaitu dengan mencampurkannya dengan berbagai macam material lain.
Dijadikan makanan camilan
Anda dapat mengolah loofah untuk dijadikan snack atau makanan ringan. Caranya iris terlebih beri bumbu kemudian digoreng.
 Mencerahkan kulit
Buah ini dipercaya dapat meningkatkan kecerahan kulit. Caranya ini sedikit unik, Anda dapat menggunakan alat scrub yang terbuat dari loofah yang sebelumnya sudah dikeringkan terlebih dahulu. Alat scrub dikatakan dapat mengangkat sel-sel yang sudah kulit mati serta dapat mengecilkan pori-pori kulit. Namun perlu Anda perhatikan, jangan menggosok terlalu keras karena bisa jadi kulit malah terluka. Gunakan alat scrub yang terbuat dari buah loofah secara rutin agar Anda mendapatkan hasil maksimal. Efek alat yang berasal dari buah loofah ini akan membuat kulit lebih sehat karena dengan melakukan scrub pada kulit maka akan membantu sirkulasi udara pada permukaan kulit sehingga kulit Anda akan menjadi lebih sehat.
Sebagai obat
Buah loofah juga merupakan buah yang memiliki banyak vitamin dan nutrisi lainnya yang dapat digunakan sebagai obat. Anda bisa buah loofah dengan cara merebusnya terlebih dahulu, kemudian gunakan air rebusan buah loofah untuk mencegah ataupun penyakit batuk. Lakukan pengobatan dengan cara ini secara teratur sampai batuk yang mengganggu Anda berangsur-angsur sembuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar